Ukuran Kolam Renang yang Ideal

Ukuran Kolam Renang yang Ideal

Menentukan Ukuran Kolam Renang Sesuai Kebutuhan

Kamu berencana membuat kolam renang di rumah baru yang sedang dibangun? Pastikan, kamu tidak membuat kolam renang secara asal-asalan. Ukuran kolam renang untuk rumah tentu berbeda dengan kolam renang yang banyak tersedia di public space, begitu juga sebaliknya. Ukuran kolam renang di rumah juga terdiri dari berbagai macam jenis untuk disesuaikan menurut fungsi dan kebutuhan.

Sebagai referensi, kali ini Kami akan membagikan berbagai jenis ukuran kolam renang ideal yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Untuk itu, yuk kita simak 6 standar ukuran kolam renang berikut ini!

Ukuran Kolam Renang untuk Rumah

Ukuran kolam renang untuk penggunaan pribadi di rumah tentu saja harus disesuaikan menurut ketersediaan lahan dan jumlah orang yang akan menggunakannya. Adapun, ukuran kolam renang standar untuk penggunaan pribadi terdiri dari tiga macam ukuran, yakni 3 x 7 meter, 4 x 10 meter atau 5 x 12 meter.

Kamu bisa membuat kolam renang pribadi dengan kedalaman 60 cm pada bagian dangkal dan 2,5 meter di bagian paling dalam. Jika lahan rumah baru kamu super terbatas, kamu juga bisa mengakalinya dengan membuat kolam renang berbentuk huruf L, persegi, lingkaran, bahkan setengah lingkaran.

Ukuran Kolam Renang untuk Anak

Jika kamu ingin membuat kolam renang yang dikhususkan untuk anak-anak, tentu saja lahan yang dibutuhkan untuk pembangunannya jauh lebih kecil. Ukuran kolam renang untuk anak-anak sangat bervariasi, mulai dari 80 x 120 cm hingga 1,5 x 2 meter dengan kedalaman yang ideal, yakni 60 hingga 80 cm atau 30 cm jika penggunaannya dikhususkan untuk bayi.

Ukuran Kolam Renang Publik

Pada umumnya, kolam renang publik seperti yang ada di area perumahan digunakan oleh banyak orang sehingga ukurannya harus lebih besar. Ukuran kolam renang publik idealnya memiliki lebar setidaknya 5 meter dengan panjang berukuran 25 meter. Sementara itu, kedalamannya sendiri dibuat bervariasi, yakni mulai dari 1 hingga 4 meter.

Ukuran Kolam Renang Standar Nasional Indonesia

Dapat ditemukan di arena pertandingan akuatik, ukuran kolam renang standar nasional Indonesia juga memiliki ukuran tersendiri sebagaimana diatur di dalam Permenpora No. 0636 tahun 2014. Adapun, ukuran kolam renang tipe B yang umum digunakan pada ajang kejuaraan nasional memiliki spesifikasi panjang 50 meter, lebar 21 meter, kedalaman mulai dari 1,35 meter hingga 3 meter, memiliki lintasan sebanyak delapan, serta diisi air dengan suhu mulai antara 25° C – 28° C. 

Ukuran Kolam Renang Standar Internasional

Untuk kejuaraan olahraga internasional seperti Asian Games atau Olimpiade, Permenpora juga mengatur ukuran kolam renang ideal skala internasional yang termasuk dalam tipe A dan terdiri dari panjang 50 meter, lebar 26 meter, kedalaman 3 meter, dilengkapi dengan 10 lintasan, serta memiliki suhu 25° C – 28° C. Sementara itu, Fédération Internationale de Natation (FINA) juga memiliki standar ukuran kolam renang internasional tersendiri, yakni panjang 50 meter dan lebar 25 meter. 

Ukuran Kolam Renang Jacuzzi

Kamu juga bisa membuat kolam renang jacuzzi untuk keperluan berendam di rumah yang umumnya memiliki ukuran kecil sekitar 1,8 meter x 2 meter atau berbentuk lingkaran dengan diameter berukuran 2 meter. Pada umumnya, kolam renang sauna dapat memuat mulai 4 hingga 6 orang, bahkan dilengkapi dengan sejumlah fitur, seperti water jet untuk menembakkan air dengan tekanan ke tubuh agar otot lebih rileks.

Selain memperhatikan ukuran kolam renang dan ketersediaan lahan, kamu juga harus memperhatikan hal lainnya, seperti pasokan air dan listrik, sistem sirkulasi, hingga suhu air. Jadi, ukuran kolam renang apa yang akan kamu buat?

Oh ya, jangan lupa pastikan kamu menggunakan kontraktor kolam renang profesional untuk mewujudkan kolam renang impianmu, ya. Selamat bersantai di kolam renang idaman!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *